20 Agustus, 2008 - 4 komentar

Selamat Hari Raya Galungan n Kuningan

Dan....untuk hari ini adalah...

Gak terasa banget 6 bulan itu cepet berlalu..6 bulan lalu gw belom kerja dan masih bisa ikut bantuin nyokap buat banten untuk Galungan..satu yang gw inget waktu itu nyokap gw bilang "sekarang sih kamu masih dirumah, nanti lagi 6 bulan kalo uda dapet kerja, ga deh kamu mau bantuin ibu..pasti capek pulang dari kerja.." ternyata itu bener hehehehe..2 bulan berikutnya gw dapet kerja..:p
Ritual Galungan dari dulu sih gitu-gitu aja ya..tapi semua orang di Bali yang beragama Hindu pasti menanti-nantikannya. Paling asik pas Penampahan Galungan, orang-orang pada bikin lawar, urutan, tum,kuah komoh..waahh itu makanan wajib pas penampahan Galungan. Sebenarnya itu simbol kalo kita uda membunuh sifat-sifat tamak dan malas pada diri kita, makanya yang biasa di potong itu kalo ga babi (mewakili sifat malas) ya ayam (mewakili sifat tamak), tapi di kampung gw ada juga yang ngelawar kebo...hwahahahaha
Lawar itu enaaakkk...tuh contoh lawar babi :P..rada gelap ya gambarnya soalnya dapurnya emang gelap sih pas ituH,maunya waktu itu foto-foto pas pembuatan lawarnya biar seru gitu..eh ternyata pas sampe dikampung..acara bikin lawarnya udah selese..(dari pagi-pagi buta bikin lawar) yawuda deh..acara dilanjutkan dengan langsung makan huahuahauha...

Owhya, kemaren akhirnya gw berhasil menuntaskan buat bikin bronies..tuh hasilnya..tumben berhasil huahuahua rasanya juga ga terlalu mengecewakan kok..cuman kurang isi aja kayanya..seperti..coklat, keju, de el el..soalnya ini pure cakenya doank :P..kuenya mau enak, bisa dimakan, ga bantet kaya biasanya..cuman agak kurang mengembang gitu yah...mungkin baking powdernya kurang banyak kali ya kemaren gw ngisinya..dari 125 gram tepung terigu gw cuman ngisiin setengah sendok teh baking powder..jadinya ga terlalu ngembang deh..tapi gapapa deh next time kita coba lagi.
Terus..pas acara hari H galungannya..penjor-penjor sudah menghias jalanan..disepanjang jalan mau pulang ke kampung gw di Tabanan..penjor-penjor pada berderet rapi, bagus-bagus pula..yang dapet gw capture salah satunya ini...ini yang ketangkep cuman bawahnya aja..hihihi soalnya tuh penjor tinggi banget, sementara gw ngambilnya pas dijalanan, di dalem mobil yang sedang berjalan..akhirya yaahh..maklum deh cuman ketangkep kaki-kakinya aja...betewe pada tau kan penjor apaan??kaya umbul-umbul gitu deh...yang biasanya ada kalo orang kawinan..tapi yang ini beda...soalnya umbul-umbulnya dilengkapin sama "sanggah cukcuk" buat tempat naro bantennya.
Orang Bali emang seni banget yaQ...hebat bener deh..salut... Dan setelah ini, besok kita mulai lagi rutinitas sehari-hari... yang kerja kembali kerja..padahal sebenernya besok itu Umanis Galungan, masih bisa libur..tapi itu tergantung kebijakan kantor masing-masing juga sih..kebetulan kantor gw udah tiba saatnya masuk hehe..kita sambut hari baru dengan semangat baru...Thaaaa

4 komentar:

luxboy 8/21/2008 7:34 PM

dasar suka makan. yang diomongin perasaan makanan terus yah :P
saran gue, buruan beli timbangan sebelum terlambat eh kehabisan... :D

Anonim 8/22/2008 3:42 PM

mmmm....
weeeeeekkkkkk
jijiiiiikkkk

dasar...
buat di makan sendiri.
apa enaknya klo sendiri doank
kta itu harus hidup berbagi
kapan kmu nelp aku buat nanjen brounisnya?
ya buat sendiri ya bilang enak sendiri.
biar orang lain yang menilai.
sooo. kapan mo ngubungin aku?

Anonim 8/22/2008 4:04 PM

ehhh si anonim di atas tuh de'satya
aku masih banyak ngurusin YM nih, sooo blon sempet plajarin sistemnya

Rurie 8/23/2008 3:24 AM

put, brownies ya emang bantet2 gimana gitu...ga ngembang2 bgt...

btw tu brownies resep sapa??? dari jaman dulu brownies mulu...yang laeeen donk :P

Posting Komentar

Ngecap dikit dounkss...:D