24 Agustus, 2008 - 0 komentar

Sapi..Sapi....Sapi..

Dan....untuk hari ini adalah...

Tadi pagi gw ada pengadaan sapi buat lahan di Gobleg..baru 4 ekor aja sie..soalnya pakan disana belom mencukupi..nanti kalo uda ada banyak rumput mau diadain lagi 6 ekor biar pas jadi 10 ekor hihihi. Taw ga seh..kita berdua [gw kesana bareng temen gw] bagaikan bunga teratai ditengah-tengah kolam lumpur ciyeeehh...yaiyalaah soalnya kita brdua itu paling cantik kan disana isinya cowo semua..hihihi
Sapinya yang dicari itu yang jantan, soalnya mau dipake buat penggemukan..bibit yang dicari itu umurnya yaahh paling gede 4 tahun lah..yang dicari beratnya sekitar 200-300 kg. Harga sapi di pasar tadi lagi naik lho...sekilo harganya antara Rp.18.000,- sampe Rp.22.000,- dan tadi di pasar sapinya ada sedikit sedangkan pembelinya banyak. Ga heran deh, soalnya lagi 2 bulan kan mau Lebaran, so pasti sapi-sapinya ditarik dulu, tunggu Lebaran biar harganya juga ikut naik...
Sapi ini bakal digemukin kurang lebih selama 8 bulan tergantung harga pasar juga, kalo misalnya harga pasar lagi tinggi walopun dipelihara belom 8 ulan bakalan dijual, tapi kalo harganya turun ya dipelihara aja dulu walopun lebih dari 8 bulan tergantung pembelinya juga sih.. Biasanya sapi bali ini kalo udah digemukin beratnya bisa sampe 400an kilo, dan pertumbuhan per harinya maksimum itu 0,3 kg/hari.
Waktu disana, liat kanan ada sapi, kiri ada sapi, depan ada sapi, belakang juga ada sapi..pokonya dikelilingin sama sapi deh..eh ngeri juga taw..soalnya sapinya kadang suka nyeruduk-nyeruduk gitu, dan lagi jangan sampe deh kesenggol sapi yang beratnya bisa ampe 400an kg itu..tar bisa remuk, encok, pegel linu tulang-tulangnya hihihi. Liat deh pantat-pantat sapi yang bahenol ini :P...gw belon bisa memilih sapi yang bagus kaya apa..tapi menurut teori yang gw dapet ciri-ciri fisik sapi yang bagus itu bulunya ga berdiri-berdiri, kuku kakinya mencengkeram bagus, tanduknya panjang dan runcing, kulitnya juga ga bercak-bercak gitu..nah kalo ciri-ciri di dalemnya gw ga tau..hehehe soalnya kalo udah ada ditengah-tengah sapi kaya gitu gw ngeri taw..soalnya spai-sapi itu kan berat..sementara pasarnya kotor dan becek dengan tai sapi dan kencing sapi, otomatis jadi licin, nah karena licin banyak sapi yang suka jatuh gedeblukan...nah kalo uda jatoh gedeblukan gitu kaget deh gw..hihi..sapi-sapi ini juga mesti ditimbang lho..biar tau berat aslinya berapa..penimbangan sapi ga kaya penimbangan manusia..dulu gw pikir sapi itu ditimbang pake tali gitu..sapinya diiket terus ada timbangan gantung..eh ternyata si sapi ini punya alat sendiri hehehe, jadi sapinya itu dimasukin ke timbangan yang ada jeruji-jerujinya biar ga kabur, terus tinggal pencet-pencet tombol deh..sapinya hebat euy..timbangannya itu digital hihihi uda ga manual lagi yey...tapi ngantri sapinya itu yang kasian, disana kan sapi yang mau ditimbang banyak, dan mereka ga cuman nimbang satu aja..jadi sapi-sapi itu dimasukin ke antrian terus kalo yang depan itu uda maju sapi-sapi itu ditarik buat ikutan maju...yaelaah namanya sapi pasti gatau antri dunk..kasian deh merka ditarik-tarik..kadang-kadang kalo mereka ditarik suka berontak, dan itu bikin sapi-sapi yang laen ikutan ngamuk..gw kesian ngeliatin sapinya kalo uda digituin..huhuhu.
Eh tapi ada insiden juga taw pas gw pergi ke pasar hewan tadi..plat motor gw copot dijalan dan gw kaga tau..Pas markir motor sampe di pasar baru gw tau "jyah!!plat motornya ga ada!!", untung tadi masih pagi jadi belon ada polisi..pas pulangnya baru deh kalo ada polisi plaatnya ditutupin pake jaket hihihi..untung ga ketauan..dan kita jalan pulang lewat jalan-jalan kecil yang ga ada polisinya..selamat sampe dirumah hihihi.....
Huumm....ceritanya udahan dulu ah...stay tune yaaa..soalnya bentar lagi mau hari H upacara ngabennya..can't wait for long deh...hihihi

0 komentar:

Posting Komentar

Ngecap dikit dounkss...:D