23 Agustus, 2008 - 0 komentar

Ngeringkes

Dan....untuk hari ini adalah...

Bener-bener mantapH..setiap 2-3 hari sekali gw masuk angin, dan setiap kali masuk angin gw pasti sakit kepala, dan setiap kali sakit kepala itu gw pasti minum Panadol. Intinya...bahaya ga sih minum Panadol setiap 2-3 hari sekali?? entah kenapa setiap gw abis pulang kampung yang ada acara-acara kaya gini tuh kok ya masuk angin??aneh bener nih..ato jangan-jangan itu cuma sugesti gw aja ya??tapi kepala gw sakit...*dueenkk...* ya sudahlah kita tinggalkan maslah sakit kepala yang ga penting ini..karena judulnya adalah "ngeringkes" gw akan bercerita soal itu.
Jadi ngeringkes itu adalah upacara mandiin mayat sebelum diaben. Kakaknya bokap gw, alias paman gw yang di postingan sebelumnya uda gw ceritain kan mau diaben tanggal 26 Agustus ini jadinya ya tadi itu acara mandiin mayatnya. Duh..gw jadi terharu sedikit, soalnya seminggu sebelum kepergian dia kan dia sempet nginep di rumah gw, nah gw yang terakhir ngasi makan dia, nyuapin dia..emang sih uda dari dulu sakit TBCnya.
Eh, gw baru tau lho..ternyata selain paman gw ada yang lain juga ikut diaben..3 orang cuman..yang 3 orang duluan ini meninggalnya uda lama, dan dulu itu mereka cuman ditanem belum sempet diaben, jadi sekalian deh sekarang diabennya. Istilahnya KKnya bokap gw yang meninggal dan 3 orang ini ikut mengiringi perjalanan Beliau. Ini perangkat upacara alias banten-banten yang digunakan. Namanya???jangan tanya gw deh..gw aja ga tau hihihi.. Ternyata semakin lama gw hidup di dunia ini gw semakin banyak melihat kematian disekeliling gw, dan gw semakin menyadari kebesaran Tuhan. Setelah atma kita pergi meninggalkan badan kasar ini, keliatannya badan kasar ini tuh uda ga berguna lagi, kaya keong yang pergi ninggalin rumahnya. Kosong..yang kita bawa ke hadapan Tuhan cuman amal dan budi baik kita. Duh..seandainya gw..gw udah banyak banget bikin dosa, semakin lama tinggal di dunia ini semakin banyak juga dosa yang gw perbuat. Ya Tuhan..aku hanya bisa memohon ampunan-Mu...
Ini tempat yang dibuat waktu meletakkan jenazah pada saat dimandiin. Well...prosesinya ya sama aja yah..jasadnya dimandiin, abis itu didandanin, dipakein baju,kain,udeng,kaos,dibekelin uang mungkin buat disananya kali ya..habis itu jasadnya dibungkus lagi pake kain kafan, dimasukin lagi kedalam peti, nanti lagi 3 harinya baru deh di Aben..lama yaa??gw pikir juga gitu sih..tapi mungkin itu emang pas hari baiknya kali yey..
Oh iya..ada cerita..katanya Nyokap gw nih waktu beberapa hari lalu KKnya bokap gw sempet "dipeluasin" maksudnya arwahnya dipanggil sebentar buat dateng ke dunia ini, barangkali aja ada pesen-pesen yang belom sempet mereka sampein ke anak cucunya, atau ada sesuatu yang dia pingin bawa kesana untuk terakhir kali. Nyokap gw bilang waktu itu dia bilang punya cincin satu-satunya nanti dikasi ke anaknya yang tinggal dirumah maksudnya tinggal dikampung. Soalnya kan beliau punya anak 4 cowo 2 cewenya juga 2. Yang cewe uda jelas keluar..ikut suaminya, yang cowo satu tinggalnya di Lombok, nah anaknya yang cowo lagi satu inilah yang tinggal di kampung. Bagus juga sih, berati sayang sama anaknya yang ini, soalnya dia itu ga punya apa-apa, kerjaan juga cuman jadi buruh lepas, itu juga pendapatannya ga tentu. Yah..intinya dia dikasi cincin itu mungkin buat bantuin kehidupannya kali ya, secara kan ada anaknya yang mau training ke Malaysia, so pastinya butuh duit banyak.
Setelah selesai dimandiin jenazahnya kan dimasukin ke dalem peti lagi tuh buat disemayamkan sampai tanggal 26 nanti, gw ada sih fotonya..tapi pas gw liat kok kayanya serem yah hiiii..takut gw jadinya majang-majang hihihihi..jadi yah cerita soal ngeringkes itu cukup sampai disini saja. Ceritanya dilanjutkan pas acara puncak tanggal 26 Agustus nanti. Ngaben...uda pernah liat prosesi ngaben di Bali kaya gimana???kita lihat kelanjutannya nanti ya...
C u...

0 komentar:

Posting Komentar

Ngecap dikit dounkss...:D