15 Maret, 2010 - 0 komentar

Happy Nyepi

Dear Readers,

Hari ini di Bali ngerayain Ngrupuk..yaitu satu hari sebelum Nyepi dimana tiap-tiap banjar berkeliling ngarak ogoh-ogoh yaitu semacam boneka besar yang pada umumnya berwujud raksasa atau setan. Acara ini dimaksudkan untuk menghalau makhluk-makhluk jahat agar tidak mengganggu selama peryaan Nyepi berlangsung esok harinya. Tapi seiring dengan perkembangan jaman, Ogoh-ogoh ini ga melulu berbentuk raksasa atau makhluk yang menyeramkan, ada juga yang berbentuk artis-artis atau tokoh-tokoh yang lagi ngetren saat ini. Seperti ogoh-ogoh di daerah Sanur ada yang berbentuk tokoh kartun anak-anak yaitu upin n ipin :D

Dulu, waktu aku masih jaman-jama SD-SMP gitu setiap tahun ga pernah absent nonton pawai ogoh-ogoh di depan gedung BI yang lama, sama si Ayah, kakak n kadang-kadang si Ibu juga ikutan. Tapi semakin lama sekarang semakin sering absent nonton pawai ogoh-ogoh itu. Selain males berdesak-desakan, kesananya juga males bermacet-macetan. Aku pernah ikutan sekali ambil bagian waktu ngarak ogoh-ogoh, kebetulan waktu itu disuruh aja sama muda-mudi banjarnya aku buat ikutan, sekali itu aja abis itu ga pernah lagi deh :D. Sampai sekarang..ummhh entahlah aku ngerasa kaya ada sesuatu dalam hati yang bikin males ikutan keluar bermacet-macetan, lagi pula setiap hari selama sebulan ini aku selalu melihat ogoh-ogoh dalam perjalanan aku dari rumah-kantor-rumah.

Yang aku suka dari hari raya Nyepi adalah hari itu benar-benar sepi, dijalan ga ada lagi suara motor-motor beringas yang menggeber gasnya kenceng-kenceng, ga ada suara truk yang dikendarai oleh sopir ugal-ugalan, ga ada suara klakson yang bikin bising..yang ada cuman suara alam aja, burung, angin,gesekan daun, it’s soo hmmm what we called??menenangkan . Truuuss malemnya bisa ngeliat bintang-bintang yang bener-bener terang, bisa ngeliat langit malam, aku suka banget..aku suka langit dan segala macam benda-benda yang ada diluar angkasa, memberikan kesan misterius, menakutkan tapi juga bikin penasaran *errgghh..kok jadi ngelantur gini yah??*

Yahh pokoknya begitulah..intinya sih aku mau ngucapin SELAMAT HARI RAYA NYEPI TAHUN SAKA 1932 SEMOGA TUHAN IDA SANG HYANG WIDI SELALU MEMBERIKAN KESELAMATAN BAGI SELURUH UMATNYA DI BUMI 

0 komentar:

Posting Komentar

Ngecap dikit dounkss...:D