29 Juli, 2010 - 2 komentar

Soal Kasta

Dear Readers,

Susahnyaaa hidup di tengah orang-orang yang pikirannya masih agak kolot. Soal tadi siang, acara Mepamit-nya kakakku. Sebenernya sih bete karena semua orang nanyain "ini kapan nyusul?siapa pacarnya?inget nae Gek, diem dirumah, cari orang yang bisa diajak dirumah" separuh undangan nanyain dan menyapa aku seperti itu.UUUhhh...Bete!!!

Dan aku ditanya hal yang sama, sama pamanku emang umurnya udah agak uzur sih aku sautin dengan setengah bercanda "iya Jik..tenang aja Mei mau nyusul..calonnya BULE!!" dan dijawab "emh..dasar semuanya pada gila!"

Ohh yaa sebelumnya FYI, kalo kakakku ini kawinnya Nyerod. Trus kebetulan ketemu sama "panjak" dirumah yang mungkin ga kesampean undangannya ini, doski "ceritanya" marah karna ga dikasitau, terus begitu diceritain sama Ibuku kalo kakakku ini kawinnya nyerod malah dia bilang begini "mimih..pedalem e' Biangade..men punapiang..mule je kene, sing dadi maksaang.." Sorry aku cuman heran, kenapa kalo cewe yang agak berkasta kawinnya "turun jabatan" orang-orang itu seakan menyesalkan hal tersebut, sedangkan kalo misalnya ada cewe yang kawinnya jadi "Jero" malah menyebutkan itu suatu hal yang lumrah terjadi. Apa kawin Nyerod itu buat cewe segitu terhinanya ya?? habis rata-rata orang-orang yang tau pada bilang "mihh..pedalem.."

Lagi satu,Bapakku cerita kalo tetangga sebelah kemaren dapet nitipin kado buat kakakku, trus Ibuku ngusul buat ngasi "Jotan", yah sekedar ucapan terima kasih begitu sih maksudnya. Dan kata Bapakku "ahh..ga usah ngasi Jotan, ngapain ngasi Jotan?itu berlebihan namanya..orang ini kan cuma mepamit, panak rage kejuang ajak nak len, mending kalo masih sodara gapapa, masi mending juga kalo masih satu warna masih (istilahnya) ngelah mua buat ngundang banyak orang, lah ini kawinnya Nyerod kok..ga usah lah.."

Trus keponakan aku dapet cerita soal si Bokap, waktu kemaren dia cerita soal salah satu sodara jauh aku juga yang diputusin pacarnya yang punya kasta Anak Agung, si Anak Agung ini asalnya dari Denpasar, berkatalah si Bokap seperti ini "coba tanya dulu Anak Agung dari mana dia??kalo dari Denpasar dia itu bukan Anak Agung Asli, tapi Gusti.."

Sefanatik itukah si Bokap soal kasta, Ya Tuhan?? sampe-sampe harus mencari keturunan suatu kasta yang bener-bener murni. Kesannya berkasta itu disanjung-sanjung banget. Oke untuk beberapa hal aku mengakuinya, tapi untuk kejadian yang aku ceritakan diatas, keknya ga perlu segitunya deh. Emang kasta bisa dipake makan apa??

Sedih banget deh ngeliat itu, aku semakin ngerasa tertekan, kaya makan buah simalakama.Padahal mereka uda sempet tinggal dimana-mana, tapi kenapa malah justru setelah pensiun pikirannya balik ke jaman feodal??bukannya malah lebih terbuka wawasannya. Hiks..hikss..aku sedih

Dan aku masih akan selalu bertanya-tanya, dulu kan Kasta itu buat membedakan profesi seseorang, tapi knapa skarang (menurut aku dimatanya si Bokap) Kasta itu semacam darah bangsawan yang mengalir ditubuh kita dan tercemar kalo kita menikah dengan orang yang kastanya dibawah kita??

Sungguh..aku ga pernah mengerti itu..

2 komentar:

Unknown 3/08/2013 8:44 AM

post yg bagus :)
menurut kk kalo cewe yg nyerod itu dosa? kl kata orang" di rmhku pasti panes. tp apa semua ky gitu? semoga lama" pemikiran orang" ttg wangsa udh gak masalah lg ya, jd bebas mau nikah sm siapa aja :)
terimakasih :)

Mrs.Putyi 4/11/2013 2:02 PM

kalo menurutku nyerod itu jelas bukan suatu dosa lah....hanya pandangan orang2 yang masih agak kolot aja menganggap itu dosa karena seakan 'membuang'leluhurnya..padahal sebenernya ga begitu sih karena sekarang pun setelah menikah nyerod kakakku masih seperti biasa sembahyang di merajan...
Terima kasih ya sudah mampir..:)

Posting Komentar

Ngecap dikit dounkss...:D