26 Maret, 2014 - 0 komentar

Nyepi Kembali Datang


Bali without Nyepi is not Bali...

Nyepi 1936 akan segera datang...ga terasa udah hampir seahun berlalu semenjak Nyepi tahun lalu. Tapi ada satu yang ga berubah..seseorang yang menelan mentah-mentah apa itu Nyepi..

hihihi yunolaa...

Dipikirnya Nyepi itu cuman seharian ga ngidupin api,ga ngidupin kompor buat masak..tapi ngidupin magic jar buat ngangetin nasi masi tetep...hihihi dan yang lagi satu Catur Brata Penyepian dibolak-balik sehingga aku tumben-tumben denger yang namanya Amati wewalungan yang katanya dia sing dadi ngemang ngamah celeng...

Lucu..

Maklum juga sih..mungkin karena latarnya kurang jadi dia cuman menelan-mentah-mentah Nyepi itu ga boleh keluar dan ga boleh ngidupin api. Padahal listrik itu kan termasuk api juga..pun ketika kita ngidupin magic jar buat ngangetin kompor.

Jaman sekarang,manusia hidup tanpa listrik itu memang cukup sulit..di jaman sekarang ini,baru bangun mandi pake pompa air yang mesti nyolokin listrik,ngidupin lampu,pake listrik juga.. makan bikin nasinya pake magic jar mesti dicolokin listrik juga, di Nyepi itu aku akui kalo aku memang ga melaksanakan tanpa api atau listrik selama seharian itu, tetapi setidaknya aku mengurangi pemakaian listrik yang aku gunakan selama seharian ;)

Kalo tadinya masi ngidupin lampu kamar sampe jam 9 pagi..sekarang jam 6 pagi uda mati lampu, biasanya mandi malem-malem jam 9 sekarang mandinya jam 4 sore biar masi keliatan terang..lumayan kan menghemat energi dikali sekian ratus ribu masyarakat Bali.

Tapi yang namanya Catur Brata Penyepian itu juga ga bisa ditelan mentah-mentah kaya gitu juga, karena menurut aku Catur Brata Penyepian itu intinya adalah Pengendalian diri.
1. Amati Geni : Geni itu Api, Api itu kemarahan, hasrat yang terlalu menggebu-gebu dan semua yang terlalu berlebihan. Maksudnya, selama setahun itu kadang kita merasa marah sama orang, terlalu berhasrat sampai mengorbankan orang lain (mungkin) nah di hari Nyepi ini kita belajar untuk meredam 'api' dalam diri kita supaya di hari yang hening itu si 'Bhuta' ga merusak baik diri kita maupun lingkungan kita.

2. Amati Karya : karya itu kegiatan,pekerjaan,selama setahun ini terkadang kita juga terlalu fokus sama pekerjaan kita baik itu yang positif dan negatif yaa..jadi kadang kita lupa sendiri sama Tuhan bahwa sebenarnya Beliau lah yang memberikan kita pekerjaan itu supaya kita bisa menghidupi dirinya sendiri, makanya di hari Nyepi,tinggalkan sejenak pekerjaan-pekerjaan itu dan mulailah bekerja kepadaNya seperti Sembahyang..(contoh kecilnya).

3. Amati Lelungan :Lunga itu artinya pergi,keluar, dalam setahun itu kita selalu keluar entah itu kekantor,rekreasi,keluar negri, tapi sempatkah kita 'pergi' kerumah Tuhan???di Nyepi inilah kesempatan untuk sehari saja, sedikit saja untuk kembali ingat kepada-Nya.

4. Amati Lelanguan (bukan amati wewalungan) : lelanguan itu artinya kesenangan, setahun ini kita selalu bersenang-senang mencari kesenangan untuk diri sendiri sampai terkadang malah lupa diri. Nah, di hari Nyepi ini juga kesempatan untuk kembali menginstrospeksi diri kita, apa yang sudah kita perbuat selama setahun, segala kesalahan yang telah kita lakukan.

Makanya banyak juga yang pada hari Nyepi ini melakukan puasa supaya 'lebih' lagi menjalankan catur brata penyepiannya. Tapi kalau aku sendiri sih jarang juga puasa pas hari raya Nyepi heee...

Tapinya susah jga ngasitau orang yang sok tau begitu, tetep aja dia ngerasa 'Yeahh i know what is this'. dan kembali lagi..emang agak susah meluruskan orang untuk kembali ke jalan lurus kalau jalannya udah terlanjur mencong..

Hihihihi

Rahajeng Rahina Nyepi 1936 'Om Santih Santih Santih Om' 

0 komentar:

Posting Komentar

Ngecap dikit dounkss...:D